KFSchool - Powered by KFSemarang
 

FORM LOGIN


Password

Home > Lihat Daftar Artikel
 
CAMERA METERING MODE
Ditulis oleh Michael Wibowo Sutanto - Status: Antrian
Selasa, 28 Aug 2012

Dalam sebuah pemotretan, metering kamera adalah salah satu hal mendasar yang akan menciptakan sebuah foto akan baik secara teknis fotografi atau tidak.

 

Pada era terkini banyak sekali metode metering yang ditanamkan dalam sebuah kamera. Mulai dari Metering Mode ada : Matrix, Center Weighted dan spot, juga ada Exposure Mode : P, S, A, M.

 

Dalam fotografi human interest masing-masing feature ini memiliki peranan yang spesifik sesuai dengan kondisi di lapangan. Disini saya akan coba berbagi pengalaman dalam penggunaanya, agar memudahkan mencapai hasil yang diinginkan.

 

Pada Periode ini saya bahas terlebih dahulu Metering Mode

 

METERING MODE : MATRIX

 

Metering ini akan menghasilkan perhitungan yang average sehingga lebih cocok untuk menangkap detil secara keseluruhan. Pada umumnya metering ini digunakan untuk pemotretan Landscape.

 

Dengan kelebihanya maka pemotretan human interest yang mengandung unsur outdoor atau landscape metering ini sangatlah cocok.

 

 

Dengan menggunakan metering Matrix pemotretan human interest dengan background landscape mampu terexpose dengan baik

 

 

METERING MODE : CENTER WEIGHTED

 

Metering ini pada umumnya akan menghasilkan perhitungan kurang lebih 60&percent pada tengah frame. Pada kemera era sekarang ukurannya bisa disetting sesuai keinginan biasanya mulai 30&percent, 50 &percent maupun 60&percent.

 

Dengan kelebihannya maka pemotretan human interest yang lebih ke style portrait lah yang cocok menggunakan metering ini. Hal ini karena luasan meteringnya kurang lebih akan mencakup seluruh wajah, sehingga exposure wajah akan tercapai dengan optimal.

 

 

Dengan menggunakan metering Center weighted pemotretan human interest dengan style portrait mampu terexpose dengan baik

 

METERING MODE : SPOT

 

Metering ini pada umumnya akan menghasilkan perhitungan 3&percent hingga 5&percent pada tengah frame. Pada kamera Nikon era sekarang bahkan titik spotnya bisa berpindah mengikuti titik fokus yang kita tentukan. Sehingga semakin memudahkan kita mendapatkan exposure yang optimal.

 

Dengan kelebihan yang dimiliki metering jenis ini, maka pada pemotretan human interest, kamera kita akan mampu menghasilkan expose dengan baik/mudah :

 

- Dalam suasana lighting yang tricky

 

- Expose optimal pada subject yang kecil

 

- Mampu menciptakan lighting yang dramatis

 

 

Dengan menggunakan metering spot pada daerah sekitar lampu petromax seingga pendaran lampu tidak over serta untuk mengisolasi cahaya sekitar agar nuansa jadi gelap dan dengan dibantu fill in SB - 800 untuk mengisi muka prajurit maka mampu dihasilkan exposure foto yang indah dan dramatis.

 

 

Dengan menguasai dasar dari kelebihan masing-masing metering mode, maka secara mudah dan cepat akan mampu menghasilkan foto yang dramatis

 By Stephanus Hannie